Minggu, 23 Maret 2014

Resep dan Cara membuat Chiffon Cake Pandan


Resep dan Cara membuat Chiffon Cake Pandan - Bolu atau kue bolu (bahasa Inggris: cake) adalah kue berbahan dasar tepung (umumnya tepung terigu), gula, dan telur. Kue bolu dan cake umumnya dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven, walaupun ada juga bolu yang dikukus, misalnya: bolu kukus atau brownies kukus. Cake yang dihias dengan lapisan (icing) dari krim mentega (buttercream), fondant, atau marzipan disebut kue tart (kue tarcis).

Cake berhias (kue tart) atau tanpa hiasan digunakan sebagai makanan penutup atau hidangan istimewa resepsi pernikahan atau pesta ulang tahun. Dalam resepsi pernikahan ala Barat dan pesta ulang tahun, upacara pemotongan kue tart merupakan salah satu acara. Di Indonesia, nasi tumpeng sering menggantikan peran cake sebagai makanan istimewa dalam berbagai upacara peringatan. Acara pemotongan kue juga sering digantikan acara pemotongan tumpeng.

Pada Resep Dapur Bunda kali ini akan disajikan Resep dan Cara membuat Chiffon Cake Pandan yang sangat sederhana dan praktis pembuatan nya namun bisa anda buktikan sendiri kelezatan nya. Jika anda punya waktu luang silakan mencoba nya di rumah untuk keluarga anda. Penasaran ingin segera mencoba membuat, silakan simak selengkapnya Resep dan Cara membuat Chiffon Cake Pandan..
Resep dan Cara membuat Chiffon Cake Pandan


CHIFFON CAKE PANDAN

Bahan :
  • 120 gram tepung terigu protein rendah
  • 50 gram gula pasir halus
  • 75 gram minyak goreng
  • 75 ml air daun suji dan pandan
  • 5 kuning telur
  • 5 putih telur
  • 1/2 sendok teh cream of tartar
  • 1/2 sendok teh garam
  • 75 gram gula pasir

Cara Membuat :
  1. Campur minyak goreng dan air daun suji. Aduk rata. Sisihkan.
  2. Ayak tepung terigu. Tambahkan gula pasir halus. Aduk rata.
  3. Masukkan campuran minyak goreng sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
  4. Tambahkan kuning telur. Aduk rata. Sisihkan.
  5. Kocok putih telur, cream of tartar, dan garam sampai setengah mengembang. Tambahkan gula pasir sedikit-sedikit sambil dikocok sampai mengembang.
  6. Tuang ke campuran tepung sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan.
  7. Tuang di loyang chiffon diameter 20 cm tinggi 10 cm tanpa dioles.
  8. Oven 55 menit dengan suhu 180 derajat Celsius. Setelah matang segera tangkupkan di atas botol. Biarkan sampai dingin.


Nah selesai sudah Resep dan Cara membuat Chiffon Cake Pandan dari Resep Dapur Bunda. Jika anda sedang berkumpul dengan keluarga tidak perlu lagi keluar rumah anda dapat membuat sendiri Chiffon Cake Pandan yang sehat di rumah. Semoga Resep ini bermanfaat untuk anda dan keluarga anda. Selamat mencoba. Baca juga Resep Cake Wortel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan berkomentar yang berbau sara dan pornografi.