Kamis, 19 Februari 2015

Resep dan Cara membuat Donat Kentang Sederhana Nikmat


Resep dan Cara membuat Donat Kentang Sederhana Nikmat - Donat (doughnuts atau donut) adalah penganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega. Donat yang paling umum adalah donat berbentuk cincin dengan lubang di tengah dan donat berbentuk bundar dengan isi yang rasanya manis, seperti berbagai jenis selai, jelly, krim, dan custard.

Donat sama sekali berbeda dengan bagel, mulai dari bahan adonan, teknik pembuatan hingga cara menghidangkan, walaupun keduanya memiliki bentuk yang hampir sama.

Nah pada kesempatan kali ini Resep Dapur Bunda akan menyajikan Resep dan Cara Membuat Donat Kentang Sederhana yang Nikmat. Anda dapat membuat nya kapan saja di waktu luang anda bersama putra putri anda yang pasti sangat senang sekali.. Penasaran ingin segera mengetahui resepnya, silakan simak Resep dan Cara membuat Donat Kentang Sederhana Nikmat selengkapnya...


DONAT KENTANG SEDERHANA


Bahan :

  • 500 gr tepung terigu protein tinggi
  • 200 gr kentang (dikukus,haluskan dan dinginkan)
  • 75 gr mentega
  • 11 gr ragi instan
  • 50 gr susu bubuk
  • 100 gr gula kastor
  • 1/4 sdt garam
  • 4 kuning telur
  • 100 ml air dingin


Cara membuat:

  1. Campurkan tepung terigu, gula halus, susu bubuk dan ragi. Aduk adonan hingga rata.
  2. Masukkan kuning telur dan kentang yang sudah dihaluskan. Tuangkan air dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan menjadi kalis.
  3. Tambahkan mentega dan garam sambil diuleni hingga adonan menjadi elastis dan kalis. Diamkan adonan donat selama kurang lebih 20-30 menit. Gunakan serbet lembab untuk menutupi adonan donat kentang. Fungsinya adalah agar adonan donat tidak menjadi kering.
  4. Setelah itu, kempiskan adonan dan bentuk adonan menjadi bentuk donat. Atau dapat juga dengan menggunakan cetakan donat.
  5. Setelah dibentuk, diamkan selama kurang lebih 20-30 menit.
  6. Goreng donat dengan menggunakan api kecil hingga berubah warna kecoklatan.
  7. Angkat dan dinginkan sejenak. Hiasi donat dengan topping menurut selera..


Nah selesai sudah Resep dan Cara membuat Donat Kentang Sederhana Nikmat dari Resep Dapur Bunda. Anda  dapat mencobanya dirumah saat waktu luang anda. Semoga resep ini dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga anda. Selamat mencoba. Baca juga Bolu Kukus Mingkem Lucu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan berkomentar yang berbau sara dan pornografi.