Kamis, 18 Juni 2015

Rupa-rupa Bakso dan Perlengkapan nya


Rupa-rupa Bakso dan Perlengkapan nya - Tentang Bakso. Tak ada makanan yang disukai banyak orang seperti bakso. Bahkan ada orang yang merasa harinya belum lengkap kalau belum makan bakso. Karena itu meski penjual bakso terus bertambah, pembelinya tetap ada dimana-mana.

Kini penjual bakso yang baru mulai menciptakan beragam bakso lain. Modifikasi dilakukan secara bebas. Misal, bakso diisi buah-buahan atau diisi cokelat. Aneh, tapi nyatanya laku. Bahkan bentuk nya pun tak melulu bulat, tetapi bisa juga kotak.

Melihat perkembangan bakso yang tak ada habisnya dan selalu disukai, bukan kah sudah seharusnya kalau anda melakukan sesuatu, membuat kedai bakso misalnya.

Nah pada kesempatan kali ini Resep Dapur Bunda akan berbagi ilmu tentang Rupa-rupa Bakso dan Perlengkapan nya. Penasaran ingin segera mengetahui nya, silakan simak selengkapnya Rupa-rupa Bakso dan Perlengkapan nya...

TENTANG BAKSO

Bakso adalah da‌ging giling yang dibumbui dan dibentuk bulat lalu direbus. Disajikan bersama kuah. Namun perkembangan nya kemudian disandingkan dengan bakmi, bihun, atau kwetiau. Belakangan bakso malah muncul dibakar atau digoreng.

Bakso yang menurut orang banyak disukai adalah bakso yang teksturnya tidak terlalu keras, juga tidak terlalu lembek. Untuk menghasilkan bakso seperti ini agak sulit karena setelah diberi tepung bakso cenderung mengeras. Bila tepung sedikit, hasil bakso jadi lembek.

Karena itu untuk membuat bakso dibutuhkan bahan kimia khusus untuk mengikat daging hingga tekstur daging sesuai yang dikehendaki.

BAHAN BAKSO


  1. DAGING. Daging sapi, ayam, ikan, udang, cumi, bisa dijadikan bakso. 
     
     
     
  2. BUMBU. Bumbu bakso tak rumit, hanya bawang, garam dan merica. Kalau mau ditambah biji pala boleh saja tetapi jangan terlalu banyak. Standar nya bakso hanya dibumbui bawang merah, bawang putih yang dihaluskan lalu digoreng lantas dihaluskan. Bumbu lain juga dapat ditambahkan bila suka. Misal nya kaldu bubuk atau yang lainnya. Bumbu diblender bersama daging hingga lembut. 
  3. TEPUNG. Tepung yang digunakan adalah tepung sagu aren. Kadang tukang bakso mencampur sagu aren dengan sagu tani. Jumlah pemakaian tepung tidak sama. Kalau mau dagingnya terasa, tentu daging nya harus banyak. Sebaliknya kalau rasa daging tak perlu jadi pertimbangan, jumlah tepung boleh ditambahkan. 
  4. GARAM. Garam yang digunakan bisa garam kasar atau garam halus. 
  5. AIR ES. Air es membantu otot-otot daging berkontraksi sehingga daging menjadi padat dan kenyal, tidak lembek. Baik juga memakai es batu yang diserut atau dihaluskan.


CARA MENGADUK BAKSO

Mengaduk bakso harus dilakukan di dalam food processor agar bakso menjadi lembut daging nya, tetapi kenyal tekstur nya.

Kalau bakso yang dibuat dalam jumlah banyak, food processor rumah tangga jadi merepotkan karena harus dipakai berulang-ulang.

Di tiap pasar biasanya ada tukang pengaduk daging untuk bakso. Anda tinggal membawa daging dan bumbunya. Tukang-tukang ini sudah punya tepung nya. Anda tinggal menyebutkan jumlah tepung yang dikehendaki.

Pada awalnya daging, bumbu dan es yang diblender lama di food processor sampai daging betul-betul lembut. Tujuan nya agar hasil bakso lembutdan tidak bergerindil. Setelah betul-betul lembuttambahkan tepung. Setelah ini bakso tidak boleh diblender terlalu lama agar tidak menjadi keras.

MEMBENTUK BAKSO

Bakso yang sudah diblender kemudian dibentuk bulat-bulat. Langsung masukan bakso ke dalam air panas agar sehingga ketika direbus tidak ambyar. Khusus untuk bakso ikan, cempngkan ke dalam air es agar langsung dan kencang.

MEREBUS BAKSO

Kalau bakso sudah terbentuk semua, rebus didalam air mendidih sampai terapung. Bila akan langsung dimakan bakso sebaiknya direbus sampai matang betul.


Demikian tadi telah disampaikan Rupa-rupa Bakso dan Perlengkapan nya, semoga dapat menambah pengetahuan anda tentang bakso dan bermanfaat untuk anda. Baca juga Bahan Utama Untuk Membuat Kue Kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan berkomentar yang berbau sara dan pornografi.