Selasa, 23 September 2014

Resep dan Cara Membuat Pizza Mini Sederhana


Resep dan Cara Membuat Pizza Mini Sederhana - Pizza adalah sejenis roti bundar, pipih yang dipanggang di oven dan biasanya dilumuri saus tomat serta keju dengan bahan makanan tambahan lainnya yang bisa dipilih. Keju yang dipakai biasanya mozzarella atau "keju pizza".

Jenis bahan lain juga dapat ditaruh di atas pizza, biasanya daging dan saus, seperti salami dan pepperoni, ham, bacon, buah seperti nanas dan zaitun, sayuran seperti cabe dan paprika, dan juga bawang bombay, jamur dan lain lain.

Rotinya biasa dibuat seperti roti biasa namun bisa diberi rasa tambahan dengan mentega, bawang putih, tanaman herbal, atau wijen. Pizza biasanya dimakan selagi panas (biasanya untuk makan siang dan malam), tetapi ada pula yang disajikan dingin, biasanya dimakan untuk sarapan atau saat piknik.

Pizza biasanya dimakan di restoran, dibeli di pasar grosir atau supermarket, dan dapat pula dipesan melalui telepon atau ini melalui web untuk diantar, panas dan siap untuk disantap di rumah.

Kata "pizza" diambil dari bahasa Italia pizza (Alfabet Fonetik Internasional / International Phonetic Alphabet, IPA), biasanya berarti "pai, kue, tart". Banyak yang salah mengira bahwa pizza berasal dari kata Italia yang berarti phai (pie).

Pizza asli berasal dari Italia dan bisa ditemui di Pizzeria (toko Pizza) yang tiap porsi pizzanya berdiameter kira-kira 30 cm atau lebih, dengan adonan yang telah ditarik tipis. Salah satu rahasia kelezatan Pizza Italia adalah proses pemanggangannya yang dilakukan di dalam oven tradisional dengan bara api. Hal ini dikarenakan jika dipanggang dengan oven listrik, umumnya adonan pizza tipis akan menjadi keras.

Pada Resep Dapur Bunda kali ini akan disajikan Resep dan Cara membuat Pizza Mini sederhana dan praktis pembuatan nya namun bisa anda buktikan sendiri kelezatan nya. Jika anda punya waktu luang silakan mencoba nya di rumah untuk keluarga anda. Penasaran ingin segera mencoba membuat, silakan simak selengkapnya Resep dan Cara membuat Pizza Mini Sederhana..



Bahan Kulit Pizza:

350 gram tepung terigu protein tinggi
16 gram gula pasir
6 gram ragi instan
20 gram susu bubuk
240 ml air es
50 gram margarin
1 sendok teh garam
Bahan Pelengkap:

  • 200 gram saus tomat
  • 100 gram jamur kancing, diiris-iris
  • 2 buah paprika hijau, diiris tipis
  • 6 buah sosis ayam/sapi, dipotong bulat tipis
  • 200 gram keju mudah leleh
  • 1 buah bawang bombai, cincang kasar
  • 150 gram keju chedar, parut


Cara membuat:

  1.     Kulit pizza, campur tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan susu bubuk. Aduk rata. Tuang air es sedikit-sedikit. Uleni sampai kalis.
  2.     Tambahkan margarin dan garam. Aduk sampai elastis. Diamkan 30 menit.
  3.     Timbang adonan 30 gram. Bentuk bulat. Diamkan 10 menit.
  4.     Giling tipis adonan. Bentuk bulat dengan sisi lebih tebal. Tusuk-tusuk dengan garpu. Diamkan 30 menit sampai mengembang.
  5.     Oven dengan api bawah suhu 190 derajat Celcius 8 menit sampai setengah matang.
  6.     Olekan roti dengan saus tomat, keju mudah leleh. Tata bombai,  jamur, paprika, sosis, dan taburi dengan keju parut. panggang  lagi dalam oven kira-kira 10 menit sampai matang.

Nah selesai sudah Resep dan Cara membuat Pizza Mini Sederhana dari Resep Dapur Bunda. Anda tidak perlu lagi keluar rumah untuk membeli pizza karena anda dapat membuat nya sendiri di rumah, hemat praktis dan sehat. Semoga Resep ini bermanfaat untuk anda dan keluarga anda. Selamat mencoba. Baca juga Resep aneka mie.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan berkomentar yang berbau sara dan pornografi.